Edward's Timeline

Pengalaman Menggunakan Behel Gigi

Hi Guys 😀 Akhirnya sempat juga nulis di blog ini lagi setelah beberapa bulan vacum karena beberapa kesibukan ( salah satunya males 😀 ). Dan postingan ini juga menjadi tulisan pertama di tahun baru 2016, jadi selamat tahun baru 😀 ((telat banget)).

Jadi pada postingan kali ini, saya akan bercerita dan berbagi pengalaman mengenai braces a.k.a bracket a.k.a behel gigi yang baru saya pasang sekitar 3 hari lalu. So, Caution ! This posting maybe contain disturbing content ! ( dikira ini posting isinya foto mayat kali :( ). Just Kidding 😀

Jadi langsung aja cerita soal kronologisnya…

Alasan Pasang Behel Gigi

Jadi ceritanya sekitar tahun 2014, saya mengalami gangguan kesehatan di daerah mulut. Saya nggak bisa buka mulut lebar-lebar, jadi mulut saya maksimal cuma bisa buka selebar 2 jari aja, dan kalo dipaksain itu sakit banget di daerah rahang kanan. Pertama saya diamin sekitar 1 minggu, but it didn’t get better. Saya mulailah cemas, akhirnya saya cari informasi lewat Google. Akhirnya ketemu juga informasi mengenai keluhan saya ini. Saya mengalami TMJ atau Temporomandibular Joint Disorder, ini adalah kondisi dimana kunci rahang kita nggak berada tepat pada tempat seharusnya. Tanda awal yaitu dengan bunyi ‘klik’ di daerah rahang saat kita gerakkan, diikuti gangguan kondisi ruas rahang yang mengakibatkan kesulitan untuk membuka atau menutup rahang. Sebelum bertambah parah dan berlarut, akhirnya saya periksakan keluhan saya ini ke RSSA Malang. Di bagian perekam medis saya diarahkan untuk periksa pada poli bedah mulut. Setelah diperiksa oleh dokter, ternyata seperti yang saya duga sebelumnya, ini gejala TMJ. Dokter melihat susunan gigi saya yang bisa dikatakan cukup berantakan, dan menyuruh saya untuk foto rontgen. Dan setelah hasil foto rontgen saya disuruh kembali ke dokter tersebut untuk dilihat hasilnya. Dan dokter menenangkan kekhawatiran saya dengan memberi tahu bahwa TMJ saya tidak parah. Dokter memprediksikan bahwa ada gigi geraham saya yang sedang tumbuh atau terjadi impaksi ( gigi geraham belakang yang tumbuh miring dan menyundul gigi tetangga ), namun ternyata geraham saya sudah tumbuh semua sehingga prediksi itu gugur. Akhirnya dokter memberikan saya beberapa obat untuk mengurangi rasa sakit dan melihat perkembangannya seminggu lagi. Kata dokter tersebut, ada beberapa penyebab terjadinya TMJ itu, salah satunya yang sering saya lakukan adalah bertopang dagu. Dan hal itu membuat saya tidak pernah melakukannya lagi hingga sekarang baik bertopang dagu maupun tidur miring dengan berbantalkan tangan di pipi lagi. Dokter juga menyarankan untuk melakukan terapi dengan pemasangan behel untuk memperbaiki struktur rahang dan memperbaiki gigitan. Inilah salah satu alasan akhirnya saya menabung untuk memasang behel gigi. Selain sebagai terapi untuk TMJ ini sekalian memperbaiki struktur gigi yang emang berantakan.

Cari Referensi Pemasangan Behel Gigi di Malang

Walaupun TMJ saya berangsur angsur membaik, saya tetap ingin melakukan terapi kawat gigi karena selain menjadi terapi TMJ yang saya alami juga sekaligus memperbaiki struktur gigi saya. Sudah kurang lebih 1 tahun lebih saya menabung dan mencari informasi soal tempat pemasangan behel gigi di Malang ini.  Berita buruknya, google kali ini tidak cukup membantu. Hampir tidak ada informasi mengenai pemasangan behel gigi di Kota Malang ini. Akhirnya saya pun mulai mengintrogasi beberapa teman yang sedang menggunakan behel dan kuliah di jurusan kedokteran gigi. Akhirnya ada beberapa info seperti di RSSA, RS Lavalette, dan beberapa dokter yang buka praktik di Malang. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan sebelum memasang behel. Mulai dari harga, fleksibilitas kontrol, pengalaman doktor, dan kualitas interpersonal dokternya. Hal ini membuatku melakukan research terlebih dahulu. Akhirnya saya mulai dengan melakukan kontrol gigi dan konsultasi gigi di RSSA Malang. Di RSSA Malang ini, pemasangan behel gigi langsung dilakukan oleh spesialis ortodonti. Untuk harga yang ditawarkan juga cukup membuatku mikir lagi karena harga yang ditawarkan kurang lebih 8 juta untuk pemasangan behel regular ditambah lagi dengan biaya kontrol 125 ribu tiap kontrolnya. Sebenarnya 8 juta sungguh uang yang sangat besar buat saya pribadi, dan harga segitu pun sebenarnya cukup meyakinkan karena ditangani langsung oleh spesialis ortodonti. Namun hati ini sangat tidak rela untuk mengeluarkan uang sebanyak itu demi behel, jadi saya urungkan niat untuk memasang behel gigi di RSSA Malang.

Pada suatu hari di halaman facebook, saya melihat recent activity teman SMP saya yang sekarang sudah menjadi dokter gigi, Silvi namanya. Alhasil saya jadi kepo dan masuk profile FB-nya. Dan ternyata dia sekarang sudah bekerja di salah satu klinik gigi yang mampu menangani pemasangan behel gigi. Akhirnya saya mulai chat dengan Silvi dan konsultasi online dengannya. Walaupun doktor pemilik klinik ini memang bukan spesialis ortodonti, namun beliau berpengalaman dalam melakukan perawatan dan pemasangan behel gigi. Akhirnya saya memutuskan untuk memasang behel gigi di klinik gigi tempat teman saya bekerja ini. Pertimbangannya cukup banyak, mulai dari harga yang cukup murah dibanding RS yaitu mulai dari 6 Juta, ditambah dengan gratis 10 kali kontrol bila dilakukan dengan pembayaran tunai. bisa hemat 1,5 juta kalau dihitung-hitung 😀 .Walaupun biaya kontrol sedikit lebih mahal dari RSSA yaitu 150 ribu, namun jadwal yang fleksibel membuat saya lebih memilih klinik ini, karena itu sangat membantu saya yang seorang karyawan dengan jam kerja konstan, sehingga saya bebas untuk melakukan kontrol baik malam hari maupun hari sabtu.

Persiapan Pemasangan Behel Gigi

Persiapan yang dianjurkan oleh Silvi teman saya sang dokter gigi tersebut adalah melakukan pemeriksaan dasar gigi khususnya pembersihan plak gigi atau biasa disebut karang gigi, serta foto panoramik. Pembersihan karang saya lakukan di puskesmas dekat rumah saya karena sayang juga kalau saya punya BPJS tidak dimanfaatkan sebaik mungkin 😀 . Akhirnya saya memeriksakan gigi saya untuk yang pertama kali sejak terakhir kali cabut gigi susu saat SD 😀 karena memang selama ini saya tidak pernah mangalami gangguan kesehatan gigi seperti sakit gigi atau apapun itu. Waktu di cek oleh dokter, gigi saya ternyata baik dan hanya ada sedikit plak gigi di bagian depan dalam gigi. Untuk pertama kalinya saya melakukan pembersihan plak rasanya sangat ngilu dan kayaknya nggak pingin ngerasain lagi ( lebay ). Untunglah pembersihan plak ini tidak lama karena memang plaknya sangat sedikit.

Selanjutnya, adalah foto panoramik. Pasca periksa dan konsultasi di RSSA dulu, saya sempat diberi pengantar oleh dokter giginya untuk melakukan foto panoramik di Lab SIMA. Saya heran kenapa nggak foto di radiologi RSSA aja, ternyata setelah kepo sama pasien yang diluar yang foto di radiologi RSSA. Walaupun memang harganya murah, kalau tidak salah kisaran 47 ribu, namun foto panoramiknya jelek. Jadi yaudah deh harus ke Lab SIMA. Setelah tanya-tanya temen, foto panoramik di Lab SIMA itu cukup mahal, 145 ribu. Untungnya iseng tanya temen yang sedang koas dokter gigi di UB. Katanya di Gedung Kuliah FKG UB juga bisa foto panoramik yang bagus dan harganya cukup murah, yaitu 100 ribu saja. Kebetulan banget masih di UB jadi tinggal jalan dari kantor ke gedung FKG. Di gedung FKG, saya dimintai surat pengantar. Untungnya pengantar ke Lab SIMA itu bisa dipakai. Jadi lebih murah 35 ribu karena biaya 100 ribu untuk biaya foto panoramik, dan 10 ribu untuk biaya loket. Sekarang persiapan sudah selesai, tinggal tunggu hari sabtu untuk pasang behel gigi.

panoramik

Hasil Foto Panoramik FKG-UB

Pasang Behel Gigi

Sabtu 9 Januari 2016, saya datang ke klinik gigi untuk pasang behel, sekitar jam 11 saya sudah di TKP. Silvi minta foto panoramik yang kemarin untuk review. Katanya kasusnya nggak parah, cuma cross bite. Setelah itu gigi saya dicetak dengan adonan gel rasa semen campur daun mint. Setelah itu langsung lah saya di-“operasi”. Sekitar 1 jam pemasangan behel selesai. Kata Silvi kurang lebih 1 minggu terlebih 3 hari pertama pasti akan ngilu, terus biasanya diikuti sama munculnya sariawan. Sepulang pasang behel sampai 6 jam lebih saya belum merasakan ngilu atau semacamnya.


IMG_20160109_122330

PicsArt_01-11-02.10.48
PicsArt_01-11-02.11.31
PicsArt_01-11-02.10.08
Gigi nomor 2 sebelah kiri akan dipasang braces setelah gigi nomor 1 sudah pada posisi yang benar
The Pain Comes Out

Sakit. Udah itu aja. Rasa yang ada ketika si kawat sudah bekerja. Gigi saya yang cross bite adalah nomor 1 dan 2 bagian kiri. Bayangin dalam semalam, gigi cross bite nomor 1 kanan dan kiri jadi hampir menyatu kembali. Rasanya seperti 2 gigi depanmu di getok sama palu. Mungkin sedikit lebay, tapi itu yang saya rasakan 2 hari awal kemarin. Dan saya hanya bisa makan outmeal, nasi dengan sayur yang banjir kuahnya, sama minum. Untungnya mama saya ibu yang baik hati yang mampu menyiapkan segala menu enak yang braces-teeth-friendly. Saya nggak bisa bayangin 1 minggu kedepan BAB bakal seperti apa, secara makan nggak pake kunyah tinggal telan, karena selama proses reposisi gigi depan, gigi graham saya jadi melayang karena terhalang gigi depan yang berusaha bersatu kembali. Saya harap setelah 6 bulan kedepan gigi saya sudah bisa rapi seperti kata temen saya drg. Silvi 😀

 

—————————————–

UPDATE POST #3 MONTHS

—————————————–

Well, kurang lebih udah hampir 3 bulan saya pakai behel. Sekarang udah mulai terbiasa pakai benda asing ini. Jadi selama 3 bulan ini saya rajin banget kontrol tiap 2 minggu sekali. Jadi kalau semua pada penasaran gimana progress saya selama 3 bulan ini ? ini dia ……

braces

Lumayan seneng sih 3 bulan progress-nya kerasa banget. Saya gak rajin update progress gigi saya sih.. jadi foto diatas saya ambil ada yang 3 hari sekali, ada yang seminggu sekali. Semoga informasinya berguna yah 😀

 

—————————————–

UPDATE POST #1 YEAR

—————————————–

Maaf udah lama banget gak update blog. Saya cuman mau share buat yang penasaran sama kondisi gigi saya setelah jalan 1 tahun.. semoga menjawab rasa penasarannya yah :) Alhamdulillah progress-nya sangat baik (menurut saya) dan semoga 2 tahun sudah cukup perawatan saya ini 😀

behel

—————————————–

UPDATE POST #2 YEAR

—————————————–

FINALLY, I TAKE OFF MY BRACES !!! YEEEY !!!

CHECK THIS OUT 😀









  • Dimas

    Halo kak. Aku suka nih ama artikelnya dan juga punya rencana pasang behel.
    Kalo boleh tau alamat dr giginya kakak itu dimana? Kebetulan aku juga domisili malang :)
    Makasih sebelumnya :)

    • Edward Fernando

      Hi Dimas.. Kamu bisa PM aja ya.. Di menu atas di page portfolio ada contact aku. Thx

      • Syila

        Hi kak boleh minta no hp dokternya?? Q jga pngen pasang behel..

        • Edward Fernando

          Whatsapp aja ya. Cek portfolio.

    • Edward Fernando

      Tuh dim.. udah ku update progress 3 bulan..

  • Debora Putri Triana

    Hallo kak, aku tertarik mau nanya nanya sama kakak tentang behel, ini dokternya alamatnya dimana ya? Thanks before :)

    • Edward Fernando

      Hi Debora.. Kamu bisa cek kontakku di portfolio untuk tanya2

      • Debora Putri Triana

        Oya kak, aku udh email ke gmail kakak. Tolong di cek ya kak :)

        • Edward Fernando

          Udah aku bales yah.. Kalo gak ada bisa cek spam.

  • dini

    hai..pasang behelnya dimana ya?bagaimana perkembangan giginya samapai sekarang ap ada perubahan?terima kasih sebelumnya..

    • Edward Fernando

      Halo dini.. Silahkan PM ke kontak saya aja ya untuk info lanjutnya.. Kontak saya bisa dilihat di halaman portfolio. Untuk update progress seperti yang bisa dilihat di ujung post ini.. Bisa dinilai sendiri a progress atau tidaknya. Thx

  • jane

    Haii.. pasang dimana ini? Soalnya lg cari yg murah tp berkualitas.. hehe. Tks..

    • Edward Fernando

      Halo.. Km bisa cek di page portfolio.. Disana ada nomor aku dan km bisa PM yah

  • Tanya dong kak, jadinya geraham belakang tidak dicabutkah sebab TMJnya tidak terlpau parah? Soalnya tadi sekilas liat photo rontgennya kakak tidak terlampau miring seperti gambar yg saya lampirkan.

    Kebetulan TMJ saya makin parah, dan posisi geraham belakang lumayan susah dicabut nampaknya :(

    • Edward Fernando

      Halo.. jd kamu sudah periksa ke dokter bedah mulut ? Kata beliau gimana ? Jd sudah yakin kalau memang kena TMJ ? Baiknya memang segera dilakukan operasi pengangkatan geraham impaksi. Karena itu bisa bikin pusing, ngilu dan keluhan lainnya. Kalau kamu punya BPJS, operasinya bisa gratis di rumah sakit umum.

  • Edward Fernando

    Halo Dila.. Kalau ada pertanyaan soal tempatnya bisa langsung kontak whatsapp aja yah. Nomornya ada di portfolio. Kalau aku kasih tau alamatnya disini nanti aku dikira ngiklan.

  • Ely

    Artikelnya ok banget mohon info dokter giginya dong wa nya berapa ya…terima kasih banyak

    • Edward Fernando

      Halo mbak ely.. Td udah whatsapp yah

  • Ria

    Kak kalau nggak salah di bag kanan awalnya ada gigi kakak yg agak masuk ke dalam, tapi Diliat di foto progress nya ada seperti karet yg buat menarik ke depan, itu kalau boleh tau nama prosesnya apa ya? Soalnya kasus nya hampir sama sprti gigi ku, hehe mkasih sbelumnya kak

    • Edward Fernando

      Halo ria.. Itu namanya ekspansi kalo gasalah.. Jadi karena gigi nomor 2 aku gapunya ruang buat tumbuh. Akhirnya dia masuk kedalam. Ekspansi itu buat ngedorong gigi sebelahnya pakai peer supaya ada ruang, dan gigi yang tumbuh kedalam itu ditarik dengan bantuan powerchain supaya kembali ke lengkung normal.

  • welma putri

    Kak mau tanya, Kakak waktu pakai behel gigi second premolar nya goyang banget gak sih? Soalnya kok aku pakai behel gigi second premolar itu goyang banget kayak mau copot,

    • Edward Fernando

      Halo welma.. Gigi aku selama pake behel gak ada yg goyang sama sekali. Kalo gigi kamu goyang bilang sama dokter yang merawat kamu. Jelasin masalahnya. Bisa jadi gigi kamu itu udah mati dan kudu dicabut. Atau gak kudu perawatan saluran akar. Tp kamu beneran pasang di dokter gigi kan bukan tukang gigi.

      • welma putri

        Iya kak, aku pasang nya di dokter gigi kok, udh ada gelar sp.ort , dan itu dokter nya saran dr teman papa aku kak. Aku jg heran padahal aku udh pasang di spesialis kok gigi aku yg satu itu jd goyang, :(
        Sedih jadinya kak

        • Edward Fernando

          Harusnya emang kamu konsultasikan sama dokter kamu. Biar dicari solusinya. Udah pernah bilang dokternya?

          • welma putri

            Aku belum ke tempat prakteknya dokter nya kk, tp kmren udh aku telpon, dokter nya jg kaget knp itu gigi yg second premolar bisa goyang, padahal gigi aku yg berantakan cuma bagian depan, dan di suruh datang aj bulan depan,
            Tapi gigi yg goyang itu sakit kk, bagusnya aku langsung aja kan kak ke klinik nya dr pada harus tggu bulan depan?

          • Edward Fernando

            Kalo emang goyang dan sakit kudunya gak perlu ditunda lagi. Udah coba minum ponstant atau analgesik lain?

          • welma putri

            Belum ada coba minum postan kak, bagusnya coba minum postan dulu ya kk?
            Sebenarnya sakit nya juga udh dari seminggu sesudah pake behel, tapi aku kira itu wajar, tapi skrg udh hampir 3 bulan pake malah tambah sakit dan gigi second premolar nya makin goyang kak :(

          • Edward Fernando

            Dicoba dl minum analgesik.. Nanti secepetnya ke doktermu kalau sempat. Sumpah aku blm pernah goyang 1 th pakai behel ini.. Linu juga 1 minggu di awal pasang. Berarti emang something wrong entah dr kondisi gigi km atau perawatannya.

          • welma putri

            Iya kak, makasii ya kak buat saran nya :)

  • Suci Safi

    Tanya dong kak. Kalo pake behel itu yang kegeser ktu giginya aja ato gusi juga kegeser. Soalnya kan gigi aku agak maju gitu. Si gusi juga maju. Misal pake behel gitu, gusinya bisa kegeser mundur gitu kan.
    Sorry awam banget kak. Makasih 😀

    • Edward Fernando

      Halo suci.. Perawatan behel itu buat memperbaiki struktur gigi. Kalau gusinya juga dirasa terlalu maju seperti daging tumbuh biasanya dilakukan gingivektomi untuk mengkikis tonjolan gusi atau memperbaiki bentuk gusi.

      • Dian Desty Wijaya

        Minta alamatnya dong daerah Malangkan aku mau bersihin sisa lem Dr behel..

  • Cimel

    Kak minta alamat dokternya dong

    • Edward Fernando

      Whatsapp aja ya

      • fitri

        Saya juga boleh minta kak ?

        • Edward Fernando

          Boleh.. Whatsapp aja ya.. Nomor di portfolio

  • @muhammadfeza

    Keren infonya…

    Lagi baca-baca, ada banyak yang kecewa sama yang pasang behel di drg umum dan harus ke spesialis orthodonti…

    Tapi ini pasangnya sama drg umum dan progressnya lumayan cepat yah hasilnya…

  • Novinsa Kirana

    boleh minta alamat dokternya kak?

    • Edward Fernando

      Whatsapp aja yah. Cek kontak di portfolio

  • Monic

    kak saya jg ada gejala seperti TMJ gitu, rahang saya ketika dibuka suka kedengeran bunyi ‘klik”, lalu kalo mau menutup kembali rahangnya ga langsung cepat gitu seperti tertahan. apa solusi untuk mengatasi TMJ harus di behel?

    • Edward Fernando

      Halo monic.. Sebaiknya kamu periksa dulu di rumah sakit.. Nanti bakal dirujuk di bedah mulut. Baru nanti bisa dikonsultasikan dengan dokternya treatment apa yang cocok buat mengatasi keluhanmu. Pemasangan braces itu salah satu solusinya. Semoga membantu.

  • Rr. Erinna Salsabila

    maaf kak, mau nanya. waktu pasang behel ada yg dicabut gak giginya? terimakasih kak.

    • Edward Fernando

      Aku nggak. Tp itu tergantung sama kondisi gigi dan rahang masing2 pasien sih.

  • Jdjdjdj

    Kak minta alamat dokternya yaa

    • Edward Fernando

      Whatsapp aja yah. Cek kontak di portfolio

  • Elsa Rossa

    Kalo dr lulusan univ ub juga pasti uda ortho kan kak ? Atau gmn

    • Edward Fernando

      Halo Elsa.. Orthodonti itu sebenarnya ada spesialisnya sendiri dengan gelar sp.Ort. Kalau UB sendiri belum ada kelas spesialis orthodonti. Mungkin yang km maksud adalah dokter gigi umum.

      • Elsa Rossa

        Oh gitu , ak mau pasang behel sama dia . Kbtulan dia lulusan ub . Apa bisa di percaya untuk seperti ini kak ?

        Pada tanggal 20 Apr 2017 14.28, “Disqus” menulis:

        • Edward Fernando

          Sebelum kamu memutuskan buat pasang ke dokter pilihan kamu, pastikan dl pengalaman dokter kamu dalam perawatan orto sudah cukup meyakinkan kamu atau blm ? kalau km sudah tau bagaimana perawatan dokter kamu dan kamu sudah mantap ya gapapa. Karena perawatan behel itu lama jadi pastikan km punya komitmen sama dokter kamu.

          • Elsa Rossa

            Aku kenal dia dr tmn ku sih kak , tp emang sblumnya ak uda tau dia cuma gk kenal bgt . Mangkanya ak tanya kakak . Enak nya gimna

            Pada tanggal 26 Apr 2017 13.16, “Disqus” menulis:

          • Edward Fernando

            Kenal aja kalo buat aku gak cukup yah. Kamu harus tau dia sudah menangani perawatan ortho brp lama. Bahkan banyaknya pasien ortho belum menunjukan kompetensi dia di perawatan ortho loh. Yang menunjukan dia kompeten dalam perawatan ortho itu adalah berapa banyak pasien ortho yang sudah lulus perawatan ortho sama dokter itu. Kalau kamu mau tanya2 lebih lanjut bisa whatsapp aku. Nomornya ada di page portfolio.

  • eca safitri

    Giginya di kasi bantalan juga ga? yg bagian graham? soalnya gegara itu sih aku jadi susah ngunyahnya

    • Edward Fernando

      Nggak.. Tapi kalo dikasih bantalan itu biasanya gigi depannya masih butuh koreksi buat crossbite..

  • Razvi Yudatama

    Kak, bisa kasih alamat kliniknya ngga?

  • Cornelius Cliff Christsandy

    Kak, bisa kasih saya alamat kliniknya?? Terimakasih kak

  • Sifera Dewi Soetanto

    klo utk anak2, klinik tsb bisa ya ? krn gigi anakku gak beraturan sama sekali dan 2 gigi depan nongol ke depan kyk kelinci sehingga membuat dia gak nyaman.

    • Edward Fernando

      Bisa, Bu. Untuk info lebih lanjut bisa whatsapp saya saja. nomornya ada di halaman portfolio.

  • Rafidah Fida

    Kak boleh tau alamat dan nama kliniknya? Makasih

    • Edward Fernando

      Bisa whatsapp aja yah. Nomornya ada d portfolio.

  • Cantik dan Sehat Bersama Msi

    Pengen pake behel jg gegara gigi bawa kurang rata..tp kok udh bayangin ngilunya ya..dan lagi didaerah saya blm tau doktern yg bener2 bisa ngrubah tatanan gigi..

    • Edward Fernando

      Jangan dibayangin aja. Lebih seru dirasakan langsung . Kamu bisa cari review dari rumahsakit sekitar kamu.

  • Syafira Dewi

    terimakasih kaa, bacaannya sangat bermanfaat apalagi saya baru kemarin pakai behel dan ngilunya bener2 kerasa bgt:’))) oiya ka, saya mau tanya gimana cara sikat gigi buat pemakai behel yg baik dan benar? saya udh banyak cari di google dan belum terlalu faham. terimakasih ka sebelumnya

    • Edward Fernando

      Halo Syafira. Alhamdulillah kalau tulisan saya bisa bermanfaat. Untuk cara sikat gigi pemakai behel sih cenderung standard. Kamu bisa pakai sikat gigi khusus behel yang ada cekungan di tengahnya. Tapi kalau saya suka pakai sikat standard sih karena kerasanya lebih bersih aja. Selain itu kamu bisa cari peralatan penunjang seperti interdental dan benang gigi untuk membantu membersihkan selah2 gigi. Kalau km pingin yang ringkas bisa beli ortho kit di onlineshop kisaran harganya 50rb. Itu sudah dapat semuanya. Selama pakai behel kebersihan mulutnya harus lebih ekstra dijaga yah.. Karena kalo kurang bagus bersihinnya bisa cepet tumbuh karang/plak terutama di selah2 behelnya.

  • iqbal trihadiansyah

    bisa minta nomer wa nya kak?

    • Edward Fernando

      Halo iqbal. Nomor WA ada di halaman portfolio ya. Maaf late respon.

  • amelda mutia sabrini

    Kak mau tanya setelah lepas behel ada pakai alat apa gitu nggak? Sbg penahan biar giginya ngga geser lagi? Mksh

    • Edward Fernando

      Halo Amel. Iya setelah lepas behel kita wajib pakai alat lepas pasang yang namanya retainer supaya bisa menahan gigi kita pada posisi yang sudah benar. Maaf ya late respon.

  • yang penting rajin kontrol

    • Edward Fernando

      Tepat sekali Distya

  • kanya

    kak mau nanya waktu pasang ada yang harus dicabut ga ya gigi nya? soalnya gigiku sama kaya kamu dan setelah pasang baru suruh rontgen panoramic -_-

    • Edward Fernando

      Halo Kanya.. Aku gak ada yg dicabut kok. Tp keputusan dicabut atau ndak itu tergantung kondisi masing-masing. Di tempat aku juga kada bisa foto panoramik setelah pasang. Tergantung pasiennya nyaman yang mana. Pasang dl atau foto dl.

  • Alma Detta

    Halo kak, mau tanya. Setelah masang behel, TMJnya sembuh ga? Kebetulan aku jg mengalami TMJ:(

    • Edward Fernando

      Halo Alma.. Alhamdulillah TMJ udah sembuh. Cek posting update behel ini yah.

  • Sitta

    Kak temen itu ada yg pasang behel trus lepas katanya g ngaruh say soalnya udh 20 tahunan ke atas bener g sih?

    • Edward Fernando

      Halo sitta. Aku pasang umur 24 loh ☺ kelihatannya gimana ? Tetep ngaruh gak ?

  • Naomi Theresia

    Kak mau tnya info ttg klinik pmasangan behelnya dmn ya?

    • Edward Fernando

      Whatsapp aja yah

  • fawry nashr

    Kak mau tanya tanya via whatsapp nomornya ada dimana ya?

  • ikhbal Marfiando

    mas pasang behel nya di dianov dental care, jalan bungur no 29 kav2 malang mas?

  • Gracia Wijaya

    Wahh keren sekali hasilnya! Cepat sekali ya 2 tahun. Teman saya ada yang sampai 5 tahun. Sakit ga kak?

  • Elisa K

    Halo Mas Edward, salam kenal. Seneng ketemu tulisan ini. Dari hasil browsing-browsing internet kayaknya saya juga mengalami TMJ. Saya punya kebiasaan mengunyah satu sisi, terus setelah operasi gigi bungsu kanan, rahang saya yang sebelah kanan juga rasanya kencang. Apakah mas Edward punya kebiasaan serupa dan merasakan rahang kencang juga? Kalau buka mulut sih sampai hari ini masih bisa buka normal. Oya, waktu pemasangan behel, apakah dalam kondisi rahang masih sakit? Atau sudah dalam kedaan baik sekali rahangnya baru pasang behel? Terima kasih sebelumnya. Maaf pertanyaannya banyak :)